Inilah Fakta Menarik Tentang Sabung Ayam

Inilah Fakta Menarik Tentang Sabung Ayam – Tanah air mempunyai sejarah yang luas terkait domestik ayam. Jika selama ini cuma sungai kuning di cina dan lembah indus di pridavan, yang dianggap sebagai pusat sejarah domestikasi ayam di dunia, kenyatannya indonesia mempunyai kisah dan sejarah tentang sabung ayam. Sejarah interaksi manusia dan ayam dibumi indonesia berangkali ialah kunci jawabn mengapa mitos ayam jantan dan lekat dalam budaya.

Ada seseorang yang berasal dari Amerika Serikat yang Clifford Geetz memakai seorang antropolog memakai paradigma interpretasi simbolik, mendeskripsikan makna dibalik sabung ayam dibali. Geertz menemui makna penting terkait sabung ayam jago dalam masyarkaat bali. Dibalik sabung ayam, ada suatu bangunan kultur yang besar, perihal status kepahlawanan dan etika, “Ujar Geertz, lebi dari sekedar judi, sampi simbol ekpresi dari status, ototitas dan lain lain.

Kata jago secara detail artinya ayam jantan, tetapi isilah ini juga berarti calon utama dalam sebuah pemilihan jaura atau kampiun. Juga dalam bahas jawa. Jago untuk orang jawa berarti ayam. Tapi kata ini juga bermakna konotatif. Secara etimologi kata jago ditengarai berasal dari bahasa portugis ialah jago yang dilafalkan zhaogo dan secara harfiah artinya permainan. Konon, istilah ini mengacu pada permainan sabung ayam di Nusantara yang sangat digemeri orang orang portugis. Dari pelafalan inilah lalu istilah ini. Masyarakat jawa mengenal Cindelaras. Mengambil konteks dan background sejarah di zaman kerajaan Jenggal Sejak abad ke sebelas. Mengkisahkan perihal sabuang ayam dan perihal sabung ayam dan relasinya dengan simbol kuasa. Namun masyarakat sunda juga ada Folklore Ciung Wanara.

Daimbil dari kontek backgoround sejarah di era kerajaan galuh pada abad ke 8. Kedua Folklore ini sama sama bercerita tentang putra raja yang terbuang dan sebab jalan takdirnya mereka kembali dipertemukan dengan ayahnya seorang raja, melewati momen praktik sabung ayam.

Pada sumber La Galigo di Bugis. Tokoh utama epik itu, ialah sawerigadiang juga bercerita mempunyai kegemaran sabung ayam. Dan juga, kabarnya dahulu orang Bugis belum bisa disebut pemberani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *